[ Tulisan ini adalah tulisan lama saya di blog di tempat lain. Berhubung blog tersebut akan ditutup maka saya pindahkan ke Medium. ]

Beberapa waktu lalu nama Zakir Naik kembali mencuat di beberapa bagian post jaringan pertemanan. Saya pernah menemukan unggahan video Ahmed Deedat berkata-kata kepada seseorang yang tampaknya seperti…

Pembaruan: 14 Januari 2021

Ini adalah contoh pengerjaan simulasi dan percobaan dengan hardware. Artikel ini sebagai contoh pelaksanaan praktikum. Tidak semua performance parameters dari sebuah penyearah ditampilkan di artikel ini. Silakan melihat rujukan atau sumber-sumber lain yang sesuai.

A. ACUAN IDEAL

Acuan dasar teori unjuk kerja penyearah gelombang penuh tiga fase dapat diperoleh…

Pembaruan:18–12–2020

Ini adalah contoh pengerjaan simulasi dan percobaan dengan hardware. Artikel ini sebagai contoh pelaksanaan praktikum. Tidak semua performance parameters dari sebuah penyearah ditampilkan di artikel ini. Silakan melihat rujukan atau sumber-sumber lain yang sesuai.

A. ACUAN IDEAL

Acuan dasar teori unjuk kerja penyearah setengah gelombang tiga fase dapat diperoleh dari berbagai buku…

Pekerjaan dimulai dengan membaca bahan-bahan yang diperlukan untuk memahami cara kerja rangkaian penyearah satu fase ini. Ada banyak sekali sumber-sumber yang bisa diperbandingkan satu sama lain mengenai tipe penyearah ini.

Berikutnya dilakukan simulasi dengan LTspice.

LTSPICE

Perhatikan sejumlah rangkaian simulasi berikut. Pada dasarnya kesemuanya merupakan topologi yang sama. …

Di beberapa artikel lain (bahan perkuliahan) sudah dibahas mengenai bentuk gelombang sinus/sinewave dan square/rectangular/pulse wave (kotak/persegi/pulsa).

Untuk artikel ini akan coba saya tunjukkan bagaimana mencari, mengolah, membandingkan, dan merangkum berbagai informasi untuk gelombang segitiga (triangular waveform) dan gelombang gigi gergaji (sawtooth waveform).

Gambar 1. Triangular waveform.

Salah satu tantangan dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan bahan belajar. Termasuk buku-buku untuk belajar. Di sisi lain, di Indonesia tingkat kemauan untuk membaca (literasi) masih tergolong sangat rendah. Literasi yang dimaksud bukanlah sekadar kemampuan baca tulis semata.

Tulisan ini saya angkat terutama menurut pengalaman saya sendiri maupun pengalaman orang lain…

Banyak hal dalam kehidupan di dunia ini dinilai berdasarkan ‘kaca mata’ atau sudut pandang tertentu. Sehingga bagi masing-masing orang, di masing-masing tempat, waktu, budaya yang berbeda maka satu hal akan bernilai dan bermakna berbeda.

Seperti dapat diumpamakan mengenai masakan yang kita makan. Beberapa orang memiliki selera yang berbeda. Enak bagi…

sunu pradana

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store